Contoh Proposal Bisnis Makaroni Pedas
PROPOSAL BISNIS
MAKARONI PEDAS
2020
Ringkasan
Eksekutif
Saat ini begitu maraknya kuliner
yang beredar di pasaran, mulai dari
makanan ringan berupa keripik, hingga makanan berat seperti bebek, iga
bakar rasanya sudah tidak aneh lagi didengar.
MAKARONI VIRAL merupakan bisnis yang bergerak di bidang
kuliner. Makaroni
terbuat dari campuran gandum jenis durum, tepung terigu, dan air. Makaroni
diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, vitamin B1,
vitamin B2, vitamin B3, dan asam folat. MAKARONI VIRAL ditargetkan untuk
semua jangkauan termasuk anak-anak hingga orang dewasa.
Harga yang ditawarkan pun terjangkau sehingga
bisa dirasakan oleh semua kalangan . MAKARONI VIRAL akan hadir di setiap sudut tempat yang
strategis dan banyak dilalui orang. Bisnis ini sangat menguntungkan jika
ditekuni dengan sungguh-sungguh..Tujuan pemasaran bisnis ini sendiri untuk
memudahkan semua kalangan pecinta camilan agar lebih mudah untuk merasakan
camilan yang kekinian
DAFTAR
ISI
Ringkasan Eksekutif .......................................................................................................... 2
Daftar
Isi
........................................................................................................................... 3
BAB I Pendahuluan ........................................................................................................... 5
1.1
Latar Belakang Masalah .................................................................................... 5
1.2
Perumusan Masalah ........................................................................................... 5
1.3
Tujuan Program ................................................................................................ 5
1.4
Harapan Bisnis .................................................................................................. 5
1.5
Kegunaan Program ............................................................................................ 5
1.6
Sekilas tentang
perusahaan ................................................................................ 5
BAB II Metodelogi .............................................................................................................. 6
2.1
Manajemen Pemasaran ...................................................................................... 6
2.2
Manajemen Produksi ......................................................................................... 6
2.3
Manajemen Sumber Daya
Manusia .................................................................... 6
2.4
Manajemen Keuangan........................................................................................ 7
BAB III Pembahasan ......................................................................................................... 8
3.1
Manajemen Pemasaran....................................................................................... 8
3.1.1 Analisis
Peluang ................................................................................... 8
3.1.2
Gambaran Umum Pasar
(STP)................................................................ 8
3.1.3
Rencana Penjualan ................................................................................ 8
3.1.4
Strategi Pemasaran ................................................................................ 9
3.2
Manajemen
Produksi/Operasional ...................................................................... 9
3.2.1
Produk .................................................................................................. 9
3.2.2
Distribusi Produk dan
Operasional ......................................................... 9
3.2.3
Pemasangan Sarana
Penunjang ............................................................... 10
3.2.4
Biaya Modal Produk .............................................................................. 10
3.2.5
Biaya Umum Usaha .............................................................................. 11
3.3
Manajemen Sumber Daya
Manusia .................................................................... 11
3.3.1
Aspek Organisasi .................................................................................. 11
3.3.2
Perizinan .............................................................................................. 11
3.4
Manajemen Keuangan........................................................................................ 11
3.4.1
Proyeksi Keuangan ................................................................................ 11
3.4.2
Analisis Keuntungan ............................................................................. 11
3.4.3
Analisis Kelayakan Usaha
..................................................................... 12
3.5
Penjadwalan ..................................................................................................... 12
BAB IV Kesimpulan dan Saran ......................................................................................... 12
4.1
Kesimpulan ...................................................................................................... 13
4.2
Saran ................................................................................................................ 13
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman milenial dan
teknologi modern ini kita dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menggeluti
dunia bisnis usaha perdagangan, maka dari itu kita menciptakan usaha berupa
makanan ringan makaroni viral .kenapa kami membuka usaha tersebut karena makan
ringan jenis makaroni ini banyak disukai orang baik dari kalangan anak-anak
hingga orang dewasa terutama kalian yang suka ngemil ,dan soal harga tentunya
sangat murah. Produk makaroni ini memiliki rasa pedas.
1.2 Perumusan Masalah
Kesimpulan dari latar
belakang diatas adalah memberiakan solusi dalam mencari makan ringan
yang di sukai dari semua kalangan sehingga kami menipciptakan
produk tersebut.
1.3 Tujuan Program
Memberikan solusi dalam mencari makanan ringnan yang disukai orang-
orang,terutama yang suka ngimil dan orang-orang yang suka makanan pedas.dan tujuan
lainnya meciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang susah mencari kerja
1.4 Harapan Bisnis
Adapun harapan dari bisnis ini adalah :
•
Bisa memasarkan produknya secara luas baik daripenjualan online maupun dari
offline (dari
toko ),
• Mampu menembus pasar
pasar modern,
• mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyak nya dari usaha
tersebut
1.5 Kegunaan Program
Adapu kegunaan dari bisnis ini adalah :
•
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pasar bebas
• Menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak muda milenial
• Menambah jumlah wirausahawan muda yang mampu bersaing dalam
dunia usaha
perdagangan yang kreatif dan inovatif
1.6 Sekilas Tentang Perusahaan
·
Nama usaha : Makaroni Viral
·
Nama pemilik usaha : Dini, Jeje, Natasya, Nunik,Ratna, Imam
·
Alamat usaha. : Jl. Mawar Melati no.7 Tangerang
Personal Facebook: Makaroni
Viral
Twitter : @Macaronivirall
No. Hp. : 0823 1234 0987
Menurut Kotler, 1980. Manajemen Pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk
mencapai tujuan perusahaan.
(https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html?m=1)
Konsep pemasaran ini bertujuan untuk
memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh
kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk
memenuhi tujuan tersebut.
Elemen Penting yang terdapat pada
Konsep Pemasaran:
●
Market oriented berorientasi pada
keinginan Konsumen
●
Penyusunan kegiatan pemasaran secara
terpadu
●
Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Dari segi pemasaran ini, langkah
pertama yang akan diambil atau dibahas oleh perusahaan adalah analisis dari
peluang yang dimiliki, baik internal, maupun eksternalnya. Sehingga akan
memunculkan strategi yang tepat, yaitu strategi WT (weakness;threats). Selanjutnya
dijelaskan juga gambaran umum pasar, rencana penjualan dan strategi
pemasarannya.
2.2
Manajemen Produksi/Operasional
Manajemen
produksi adalah sebuah penataan dari proses pengubahan bahan mentah
menjadi suatu produk atau jasa yang memiliki nilai jual. Manajemen produksi
juga merupakan bagian dari bidang manajemen yang memiliki peran untuk melakukan
koordinasi beragam kegiatan agar tujuan bisnis bisa tercapai. Untuk mengatur
produksi, perlu adanya keputusan yang ada hubungannya dengan usaha untuk
mencapai tujuan. Sehingga, barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan yang
sudah direncanakan.
Menurut
Sofyan Assauri, pengertian Manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengatur dan
mengoordinasikan penggunaan berbagai sumber daya; sumber daya manusia, sumber
daya alat, sumber daya dana, dan bahan, secara efektif dan efisien untuk
menciptakan dan menambah kegunaan sebuah barang atau jasa.
(https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-manajemen-produksi/)
Tentunya segala aktivitas produksi
juga tidak terlepas dari aktivitas operasi yang di jabarkan dalam suatu
manajemen yang disebut Manajemen operasi. Ahli manajemen J.Heizer dan B.Render mendefinisikan bahwa Manajemen Operasional sebagai bentuk pengelolaan menyeluruh dan
optimal pada aspek tenaga kerja, barang-barang (mesin, peralatan, dan bahan
mentah), atau faktor produksi lain yang bisa dijadikan produk barang dan jasa
yang lazim diperdagangkan. Adapun Tujuan dari Manajemen operasional ialah untuk
mengatur penggunaan semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga
proses produksi berlangsung efektif dan efisien.
(https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-manajemen-operasional/)
Untuk mencapai tujuannya, di dalam
proposal ini dibahas apa saja produk-produk yang akan ditawarkan, bagaimana
pendistribusian produknya, seberapa banyak kapasitas produksinya, termasuk
biaya-biaya yang harus dikeluarkan agar bisnis ini bisa berdiri.
2.3
Manajemen Sumber Daya Manusia
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah ilmu dan seni mengatur
hubungan dan peranan tenaga kerja agar dapat membantu terwujudnya tujuan
perusahaan/organisasi secara efektif dan efisien.
Adapun pengertiannya menurut para
Ahli ialah sebagai berikut :
"Menurut A.F Stoner MSDM adalah suatu prosedur berkelanjutan untuk
memasok suatu organisasi/perusahaan dengan orang-orang yang tepat di
jabatan/posisi yang tepat pula ketika dibutuhkan."
(https://salamadian.com/manajemen-sumber-daya-manusia/)
Di dalam proposal ini akan
disebutkan mengenai penyusunan karyawan, dan kompensasi karyawan. Manajemen
sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang
memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.
Manajemen
keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan,
serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan. Pengelolaan
keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah di kemudian
hari.
Adapun Tujuan dari Manajemen
Keuangan ini adalah sebagai berikut :
2.
Memaksimalkan keuangan Perusahaan
3.
Mempersiapkan Struktur Modal
Pembahasan
3.1
Manajemen Pemasaran
3.1.1
Analisis Peluang
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan
terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan dan pesaing,
yaitu melalui analisis makaroni pedas:
1. (Kekuatan)
·
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
·
Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. (Kelemahan)
·
Tidak tahan lama
·
Produknya mudah ditiru
3. (Peluang)
·
Harga terjangkau
·
Terdiri dari beberapa level pedas
4. Ancaman)
·
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih
murah
3.1.2
Gambaran Umum Pasar
(STP)
v Segmentasi Pasar
Yang menjadi segmentasi pasar usaha atau bisnis
ini adalah mahasiswa/i,dosen, staff, fan karyawan yang cenderung menginginkan
sesuatu yang enak,mengenyangkan,
praktis, dan tidak merogoh kocek terlalu dalam, sehingga makaroni pedas ini
adalah makanan yang cocok untuk dikonsumsi di kalangan tersebut.
v Targeting Pasar
Yang menjadi target pasar usaha atau bisnis ini
adalah mahasiswa/i, dosen,karyawan, staff, dan warga daripada Universitas Pamulang.
v Positioning Pasar
Kami menempatkan usaha atau bisnis ini akan lebih
diminati oleh paramahasiswa/i khususnya karena makaroni pedas yang kami
tawarkan adalah berbeda jika dibandingkan dengan makaroni pada umumnya, lebih
mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk kami.
3.1.3
Rencana Penjualan
· Target Pasar
Usaha ini akan
dipasarkan di tempat kami menuntut ilmu yaitu Kampus Universitas Pamulang, kami
akan memulai memasarkannya kepada teman satu kampus kami dan kamipun akan
membuka stand setiap hari minggu . Selain offline, kami juga menjual produk
makroni pedas “Makrani” secara online.
· Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kami bagaimana cara
kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kami tanpa membuat pesaing kami
merasa tidak senang dengan tindakan kami, seperti memberikan promosi yang
menarik untuk pelanggan yang setiap membeli produk kami.
· Sasaran
Pembeli
Dalam menjalankan
usaha ini sasaran pembeli saya yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Harga yang saya berikan
yaitu hanya Rp.10.000,- per 1pc Makroni dengan berat bersih 200gr.
3.1.4
Strategi Pemasaran
· Dari mulut ke
mulut
Promosi ini merupakan
promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya. Cukup
dengan bercerita kepada teman-teman kami atau keluarga untuk mempromosikan
usaha kami, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat akan mengetahui
usaha kami.
· Pemberitahuan lewat
Media Sosial
Promosi inipun termasuk promosi yang mudah karena kami hanya memerlukan
kuota dan ponsel untuk memposting foto produk kami ke instagram dan otomatis
dapat dilihat semua orang pengguna media sosial,
Mengingat jaman sekarang hamper semua orang memiliki media sosial
instagram sehingga cara ini dianggap sangat efektif dan efisien untuk
memasarkan produk.
3.2
Manajemen
Produksi/Operasional
3.2.1
Produk
Proses Pembuatan
Untuk membuat makrani
,proses dan bahan bahan produksinya sebagai berikut :
Bahan :
1.
1kg
makroni (spiral/keong)
2.
2
liter minyak goreng
3.
Penggurih/penyedap
rasa
4.
Cabe
giling (yang sudah dihaluskan)
Cara
membuat :
1.
Goreng
makroni yang telah disiapkan sampai warna kecoklatan
2.
Kemudian
tiriskan
3.
Makroni
yang sudah di goreng dan ditiriskan ,diberi bumbu penggurih/penyedap
rasa aduk
hingga rata ,
4.
Setelah
bumbu penggurih/penyedap rasa teraduk rata berikan cabe giling sesuai
level pedas dari makroni , aduk rata
5.
Makroni
siap di kemas.
3.2.2
Distribusi Produk dan
Operasional
v Pendistribusian
produk Kami mendistribusikan produk langsung
atau tidak langsung ke
konsumen
v Operasional
Distribusi langsung ke
konsumen
1) Konsumen
datang ke outlet, lalu memesan produk
2) Penjual mengambil macaroni
yang sudah di masak sebelumnya ,
lalu masukan macaroni kedalam toples yang sudah sesuai takaran yang di
pesan oleh konsumen, lalu taburkan Bumbu
sesuai selera konsumen , lalu di aduk atau di kocok sampai bumbu merata, lalu menyiapkan packaging dengan
menggunakan kantong plastik
yang menarik.
3)
Konsumen membayar
4)
Penjual menerima transaksi, dan mengucapkan “terima kasih, silakan datang
kembali”
Distribusi Tidak
langsung langsung ke konsumen
1)
Konsumen
memesan produk menggunakan via internet
seperti Whatsapp, instagram, Facebook dan aplikasi lainnya
2)
Konsumen
membayar melalu transfer terhadap penjual
3)
Lalu
produk macaroni di kirim kealamat konsumen, sesuai dengan pesanan.
3.2.3
Pemasangan Sarana
Penunjang
NO |
Peralatan |
Jumlah Biaya |
1 |
Kulkas
mini |
Rp
1.300.000 |
2 |
Kompor
gas 1 unit |
Rp 350.000 |
3 |
Tabung
gas kecil |
Rp 415.000 |
4 |
Selang
dan Regulator |
Rp 85.000 |
5 |
Peralatan
masak (capitan, toples,dll) |
Rp 370.000 |
Total
Biaya Pemasangan sarana penunjang |
Rp 2.520.000 |
3.2.4
Biaya Modal Produk
Peralatan |
Harga Satuan |
Jumlah (UNIT) |
Total |
Makaroni |
Rp 14.000/Kg |
3 Kg |
Rp 42.000 |
Minyak goreng |
Rp 13.500/Liter |
2 Liter |
Rp 27.000 |
Bumbu Balado |
Rp
7.000/Bungkus |
1 Bungkus |
Rp 7.000 |
Bumbu Jangung Bakar |
Rp
7.000/Bungkus |
1 Bungkus |
Rp 7.000 |
Bumbu Keju |
Rp
7.000/Bungkus |
1 Bungkus |
Rp.7.000 |
Staples + Refill |
Rp 10.000 |
- |
Rp 10.000 |
Kotal Plastik |
Rp 14.000/50 lbr |
1
Paket |
Rp 14.000 |
Gas |
Rp 20.000/Tabung |
1 Tabung |
Rp 20.000 |
Ongkos |
Rp 50.000 |
- |
Rp 50.000 |
Total Biaya Per-50
Porsi |
Rp 184.000 |
3.2.5
Biaya Umum Usaha
Jenis Biaya Umum Usaha |
Jumlah
Biaya/Bulan |
Sewa Tempat |
Rp 700.000 |
Gaji Penjual |
Rp
900.000 |
Total Biaya
Umum Usaha Per-Bulan |
Rp 1.600.000 |
3.3
Manajemen Sumber Daya Manusia
3.3.1
Aspek organisasi
- koordinasi bisnis =
Natasya Puspa Ravina
- Bagian produk = Dini Indriani, Iman M. Yusuf
- Bagian keuntungan = Nunik Marfuah, Ratna Siska Wati Waruwu
- Penjual = Yasinta Juniar Zendrato
3.3.2 Perizinan
Hanya melaporkan ke
RT/RW setempat, serta pemilik tempat usaha tersebut.
3.4 Manajemen Keuangan
3.4.1 Proyeksi Keuangan
- modal keseluruhan
Jenis modal jumlah
biaya
Pemasangan sarana penunjang
= Rp 4.304.000
Biaya modal produk. = Rp 184.000
Biaya umum usaha = Rp 1.600.000
Total biaya = Rp 6.088.000
- pembagian modal
Modal sendiri = Rp
2.088.000
Investor = Rp 4.000.000
3.4.2
Analisis keuntungan
Keuntungan:
50 porsi × Rp 184.000
Total keuntungan per-
hari =
Rp 9.200.000
Total keuntungan per-
bulan = Rp 2.999.000
3.4.3 Analisis kelayakan usaha
*
Keuntungan bersih - biaya umum usaha
= Rp 2.999.000 - 1.600.000
= Rp 1.399.000
*
Periode pengambilan modal
Total biaya modal/ total keuntungan
bersih
Rp 6.088.000/ Rp 1.399.000
= 1 bulan 6 hari
Melihat periode pengambilan modal hanya
jangka waktu 1 bulan 6 hari
dengan perkiraan 50 porsi per - hari
maka bisnis ini dikatakan layak untuk dijual.
3.5 Penjadwalan
Kegiatan jadwal pelaksanaan (dalam
Minggu)
Survey
pasar = Minggu ke 1
Survey
lokasi usaha = Minggu ke 1
Survey
supplier = Minggu ke 2
Perizinan = Minggu ke 3
Peresmian
operasional = Minggu ke 4
BAB IV
Kesimpulan dan Saran
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai
macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui
peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain
yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan
dapat berjalan dengan baik. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar,
namun memerlukan perencanaan yang matang. Usaha di bidang makanan ringan ini
memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan
isi makanan ringan semakin meningkat. Sasaran utama konsumen makaroni pedas
yaitu mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual
yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan.
4.2 Saran
Kami
menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan
proposal ini. demikian proposal ini. Semoga kegiatan usaha kami ini bisa
berjalan dengan baik dan kami berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat
bermanfaat bagi kami dan masyarakat. kami mengucapkan terimakasih kepada semua
pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselesaikan
dengan baik dan tepat pada waktunya, sekian terimakasih.
Casino - Dr. MD
BalasHapusDr. MCD: Live deccasino Casino. Dr. MCD has over 구미 출장샵 500 안산 출장샵 games to choose from. 천안 출장샵 There are over 200 games on offer 김제 출장안마 from our top-rated games!